Tips Mengatur Keuangan Untuk Blogger
Tips Mengatur Keuangan Untuk Blogger

Tips Mengatur Keuangan Untuk Blogger

Posted on

Tips Mengatur Keuangan Untuk Blogger – Mengatur keuangan merupakan hal terpenting bagi setiap individu. Tanpa adanya pengaturan keuangan yang baik maka mustahil segala sesuatu akan sesuai dengan target yang telah terdaftar. Cara mengatur keungan setiap orang berbeda-beda sesuai dengan pendapatan serta pengeluar individu itu sendiri. Bagi seorang penulis atau Blogger dengan project yang padat, tidak mudah rasanya jika sendirian dan tanpa bantuan teknologi dalam mengelola keuangan.

Seperti yang ketahui pada umumnya, seorang Blogger tidak memiliki pendapatan layaknya seorang karyawan swasta yang memperoleh gaji setiap bulannya. Pekerjaan menjadi seorang Blogger juga tidak menentu nominalnya. Kadang rama dengan claien, kadang juga tidak ada job sama sekali. Atau bisa mengulik job dari pekerjaan seorang freelance lainnya yang menguntungkan.

Penghasilan menjadi seorang blogger tidak menentu, membuat saya sebagai penulis terkadang harus pintar-pintar dalam mengelola dan mengalokasikan dana dengan baik agar semuanya terpenuhi. Mulai dari kebutuhan yang wajib, keinginan dan menabung harus tertata dengan baik. Tidak jarang juga terkadang membeli barang-barang sesuai dengan keinginan lantara habis untuk kebutuhan dan menabung saja.

Meskipun demikian, penulis sendiri tetap bersyukur karena masih memperoleh penghasilan dari mengerjakan sesuai yang menjadi hobi itu sendiri seperti menulis. Saya sendiri memiliki kebebasan dalam memilih dan menggunakan waktu yang mungkin tidak dapat peroleh bagi karyawan swasta atau seseorang yang termasuk kedalam pegawai negeri. Selama kita cerdas dalam mengelola keuangan dengan baik, maka penghasilan yang tidak seberapa dapat memenuhi yang namanya kebutuhan dan menabung.

Tips Mengatur Keuangan Untuk Blogger

Bagi Anda yang mungkin khawatir dan bingung dalam melakukan kontrol terhadap keungan pribadi yang tidak menentu, tidak perlu khawatir lagi sekarang ini, karena sudah banyak media teknologi yang mampu membantu kita dalam melakukan managemen keuangan. Nah, penulis sendiri ingin membagikan beberapa cara untuk mengatur keuangan yang tepat dan aman. Mungkin tips berikut ini adalah cara terbaik yang bisa Anda coba ikuti. Simak tips berikut ini!

1. Mencatat semua job yang masuk

Menjadi seorang freelancer seringkali memperoleh job atau pekerjaan yang masuk dari berbagai client dan berbagai karakter juga tentunya. Job yang masuk berbeda-beda tergantung kesepakatan deadline antara client dan penulis. Agar mudah untuk mengerjakannya, penulis sering kali dalam melakukan pencatatan terhadap job yang masuk, client siapa saja yang deadline atau batas pengerjaan harus sesuai dengan deadline.

Dari catatan tersebut penulis dapat mengerjakannya sesuai dengan tanggat waktu yang telah tersepakati. Penulis mengerjakan job sesuai urutan dan biasanya dahulukan yang mendekatai deadline, hal ini agar semua job dapat teratasi dengan sempurna. Penulis juga berusaha dalam mengerjakan tugas dengan baik dan benar, agar clien merasa puas dan selalu order pada website ini.

2. Membuat daftar piutang dari client

Setelah mengerjakan job, penulis juga membuat sebuah catatan piutang atau jadwal pembayaran yang lunas dari para client. Setiap klien tentunya dapat menentukan kapan untuk membayar jasa dari kita. Ada yang membayar setiap seminggu sekali, pertengahan bulan atau bahkan setiap akhir bulan dalam 12 bulan.

Pembayaran dari klien dengan klien lain juga termasuk berbeda-beda nominalnya. Dan jika terkumpul semua bayaran dari para klien, maka hasilnya sangat lumayan dan dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Bahkan, jika penulis rajin dalam mengerjakan berbagai job yang banyak, maka tentunya penghasilan juga dapat melebihi ekspetasi yang teringinkan.

3. Mencatat semua penghasilan yang masuk

Selain mencatat jadwal pembayaran yang masuk, penulis juga selalu mencatat semua  penghasilan yang masuk dari setiap client.

Sehingga ketika terdapat keperluan yang mendadak, penuls dapat mengambil penghasilan yang sudah masuk terlebih dahulu sebelumnya, dan untuk penghasilan lainnya terpakai untuk menabung dan kebutuhan lainnya. Biasanya penulis melakukan pencatatan keuangan dalam buku catatan secara manual atau dalam aplikasi Excel agar tidak hilang.

4. Melakukan alokasi dana untuk darurat

Sebetulnya, tujuan dari penulis menabung yaitu sebagai penyimpanan dana darurat jika terjadi beberapa hal yang tidak teringinkan pada masa depan, seperti job yang sangat sepi, kesehatan yang kurang mendukung sehingga job menjadi terlantar.

Pasalnya setiap individu harus mempunyai dana darurat untuk kegiatan yang mendesak, agar jika terjadi sesuatu yang tidak teringinkan, maka tidak lagi bingung untuk menggunakan biaya dari apa yang terbutuhkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *