Tips Ketika Memilih Susu Cair Balita
Tips Ketika Memilih Susu Cair Balita

Tips Ketika Memilih Susu Cair Balita

Posted on

Susu cair bagi Anak yang masih berada di bawah usia 3 tahun itu wajib, anak-anak membutuhkan berbagai macam nutrisi penyusun. Nutrisi yang dapat menunjang pertumbuhan anak adalah susu. Maka dai itu orang tua harus memahami tips ketika memilih susu cair balita agar tidak terjadi kesalahan.

Manfaat Susu Cair Bagi Anak

Susu cair memiliki  sifat yang mudah untuk dibuat dan memiliki manfaat yang besar bagi tumbuh dan kembang anak. Usia bawah 3 tahun adalah usia anak mulai aktif dalam memahami dan merangkai kata, dan kegiatan motorik yang aktif. Untuk itu perlu nutrisi dari susu yang mempunyai beragam manfaat dalam mendukung tumbuh anak.

1. Menunjang tumbuh kembang anak

Nutrisi dalam susu memiliki peran baik bagi pertumbuhan anak. Pada susu cair umumnya memiliki kandungan 8 mg protein yang memiliki peran sebagai zat pembangun, seperti untuk pertumbuhan otot, sistem imun, dan metabolisme tubuh.

2. Mendukung kesehatan tulang dan gigi

Terdapat kandungan kalsium yang ada di susu cair, memiliki peran sebagai komponen penyusun tulang dan gigi. Pada batita, pertumbuhan tubuh banyak dipengaruhi oleh tulang. Kalsium yang terkandung di dalam susu memiliki peran untuk kesehatan terutama pada kinerja otot tubuh anak. Dalam satu kemasan susu cair biasanya produk memberikan kandungan kalsium 300 mg sehingga cukup untuk kebutuhan anak.

3. Membantu penyerapan vitamin

Terdapat beberapa vitamin yang tidak dapat larut dalam air seperti A, D, E dan K. Maka perlu pelarut lemak sehingga anak dapat menyerapnya. Susu cair termasuk produk yang mempunyai kandungan lemak yang baik bagi vitamin tersebut.

4. Melengkapi kebutuhan gizi pada anak

Susu cair selain mengandung kalsium serta lemak, juga mengandung kandungan lain seperti zin, fosfor, dan berbagai vitamin. Jadi orang tua tidak perlu khawatir jika anak kekurangan gizi.

5. Sumber energi

Biasanya dalam satu kemasan susu batita mengandung gula. Meskipun sedikit namun gula sangat diperlukan untuk membangun energi anak.

6. Membantu berkembangan otak anak

Susu cair memiliki banyak nutrisi, seperti adanya protein, vitamin, lemak, dan mineral yang terkandung dalam susus. Semua zat itu dapat memabntu perkembangan motorik anak.

Tips Ketika Memilih Susu Cair Balita

Terdapat banyak jenis dan merk susu anak. Ada susu bubuk, cair, atau kental manis. Namun orang tua harus tetap berhati-hati ketika membelikan anak susu, kebutuhan gizi dan asupan yang dapat dicerna anak tentu berbeda dengan orang dewasa.

1. Menggunakan susu rendah lemak

Untuk anak dibawah 3 tahun, orang tua harus memilih susu yang rendah lemak. Konsumsi susu setiap harinya jangan berlebihan, takaran pas untuk setiap harinya adalah 480 ml.

2. Susu kedelai jika anak alergi lemak sapi

Sebelum membeli susu untuk anak, pastikan apakah anak mempunyai alergi terhadap lemak sapi atau tidak. Jika benar, orang tua dapat menggantikan dengan protein selain hewani. Biasanya dengan soya atau kedelai. Susu soya memiliki kandungan protein yang tinggi, setiap 240 ml nya.

3. Hindari susu kental untuk anak

Untuk anak yang sedang pertumbuhan, susu kental manis kurang cukup mewakili protein dan vitamin yang dibutuhkan anak. Kementrian kesehatan bahkan tidak mengkategorikan susu kental sebagai susu untuk anak.

Sebagai orang tua tentu tidak ingin mengalami kejadian yang tidak di inginkan kepada anak, maka dari itu mulai dari sekarang orang tua harus dapat menyusun tumbuh kembang anak dengan protein dan vitamin yang cukup untuk anak, dalam pemilihan produk susu.

2 thoughts on “Tips Ketika Memilih Susu Cair Balita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *