Perbedaan Susu Bubuk dan UHT
Perbedaan Susu Bubuk dan UHT

Perbedaan Susu Bubuk dan UHT

Posted on

Setiap bunda menginginkan buah hatinya tumbuh sehat, cara agar anak tumbuh sehat adalah memberikan gizi yang baik. Untuk memperoleh gizi yang baik, buah hati harus mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung banyak manfaat, misalnya saja minum susu. Produk susu yang ada di pasaran memiliki macam dan jenisnya, mulai dari susu bubuk, kental manis dan UHT. Maka bunda harus dapat melakukan perbedaan susu bubuk dan UHT untuk menjaga kondisi dan gizi anak.

Perbedaan antara susu kental manis, bubuk dan UHT

Beragam jenis dan macamnya susu, tidak jarang membuat bunda merasa bingung dalam memilih susu yang cocok untuk anaknya. Karena, banyak sekali mitos yang beredar jika nutrisi dari jenis dan macam-macam susu berbeda-beda. Lantas mitos mengenai perbedaan antara susu bubuku, kental manis dan UHT.

1. Susu bubuk

Susu bubuk adalah susu yang telah di olah dalam bentuk serbuk atau bubuk kering dan penggunan cukup menggunakan air panas dalam gelas. Jenis susu bubuk lebih lama disimpan dibandingkan dengan susu cair. Bunda tidak perlu menyimpannya di dalam lemari es karena susu bubuk mempunyai kandungan uap air yang rendah, namun terdapat juga beberapa produsen yang mengharuskan manaruh susu bubuk dalam lemari es.

Susu bubuk dapat bertahan selama 2 tahun lamanya dan tentunya harus sesuai dengan penyimpanan yang baik sesuai dengan aturan dalam kemasan. Susu bubuk mempunyai kandungan air yang sedikit sehingga bakteri tidak dapat berkembang dalam kemasan. Penggunaan susu ini sangat cocok untuk kegiatan outdoor.

Pada umumnya terdapat 3 jenis susu bubuk, yaitu yang mengandung lemak, tanpa lemak dan rendah lemak.

2. Susu kental manis

Jenis dan macam susu kental manis berbahan utama utama dari susu sapi yang sebelumnya hilang airnya serta campuran gula agar manis. Susu kental manis dapat bertahan 1 tahun jika kemasan tidak terbuka. Susu kental manis tidak dianjurkan untuk bayi dan anak-anak, karena tidak memiliki gizi yang cukup dan banyak mengandung kalori karena gula.

Menurut banyak ahli susu kental manis, dinyatakan sebagai susu yang mengandung kalsium dan protein yang sangat rendah. Sehingga, susu kental manis hanya untuk toping pada makanan atau minuman.

3. Susu UHT

Susu UHT atau Ultra-High adalah proses pemanasan susu sampai 135 drajat yang bertujuan untuk mensterilkan makanan.

Itulah perbedaan antara susu bubuk, kental manis dan UHT. Tentu saja setiap ssu mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing, dan bunda dapat menggunakan jenis susu bubuk untuk balita atau anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *