Cara Menjalankan Afiliasi Beserta Contoh
Cara Menjalankan Afiliasi Beserta Contoh

Cara Menjalankan Afiliasi Beserta Contoh

Posted on

Cara Menjalankan Afiliasi Beserta Contoh – Apa itu afiliasi marketing? Mungkin bagi kamu yang sudah lama dalam perkembangan bisnis omline istilah ini sudah tidak asing bagi kamu, yaitu cara menghasilkan uang dari media internet, dalam hal ini kamu dapat memperoleh keuntungan dari hasil penjualan online dengan menerapkan cara dan tips dalam menjalankan afiliasi marketing.

Lantas bagaimana cara melakukan afiliasi marketing yang baik dan benar itu? Afiliasi marketing memiliki peran sebagai makelar atau perantara yang terdapat pada internet dalam bentuk penjualan yang dapat terlacak menggunakan tautan.

Dapat juga tersebut sebagai kode referal dari suatu situs ke website lainnya, dalam hal ini afiliasi menjadi kiat sukses dalam membangun bisnis online tanpa modal.

Bisnis afiliasi banyak dimanfaatkan oleh para penulis atau blogger meskipun kelihatannya mudah dan dapat menghasilkan uang banyak, jangan sampai kamu melakukan usaha ini tanpa strategi atau rencana maka dari itu sebagai berikut merupakan panduan cara melakukan afiliasi marketing yang baik dan benar.

Cara menjalankan afiliasi marketing terbaru

Menjalankan afiliasi atau affiliate marketing yang baik dan benar memerlukan informasi umum, kekurangan dan kelebihan, cara mendaftar, sampai pada contoh afiliasi marketing yang menjadi trend saat ini.

1. Pengertian afiliasi marketing

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan bisnis ini adalah mengenal terlebih dahulu pengertiannya. Dengan memahami definisi secara menyeluruh maka akan lebih mempermudah dalam memahami proses kerja dan lingkup afiliasi marketing.

Afiliasi marketing memiliki pengertian sebagai suatu sistem penjualan produk digital maupun media digital yang menggunakan kode referal dari pemilik produk lalu kamu hanya menyematkan kode/link tersebut pada blog pribadi dengan tujuan ke website penjual produk.

Apabila produk telah terjual habis melalui link yang kamu sematkan maka afiliasi marketer akan mendapatkan komisi dari hasil penjualan itu, dengan demikian afiliasi marketing tidak perlu menyetok produk seperti penjual atau reseller.

2. Mengetahui kekurangan dan kelebihan afiliasi marketing

Sama seperti program marketing lainnya affiliate marketing juga memiliki kekurangan tidak hanya kelebihan saja yang perlu diperhatikan. Pada afiliasi marketing juga memiliki kelemahannya yang perlu kamu simak untuk menghindari kesalahannya.

Kelebihan yang ada pada afiliasi adalah biaya awal yang murah (bahkan gratis), kemudahan dalam bergabung, tidak berurusan dengan pengiriman ataupun refund produk, tidak perlu menyetok produk dan masih banyak lagi kelebihan dalam afiliasi marketing.

Sedangkan kekurangan yang ada afiliasi marketing adalah kamu harus memiliki keterampilan dalam penggunaan internet, harus memahami batasan iklan, persyaratan pembayaran, penggunaan referral kode yang tentu membutuhkan waktu dipahami.

3. Cara mendaftar afiliasi marketing

Sekarang ini banyak marketplace atau e-commerce yang menyediakan program afiliasi marketing beberapa diantaranya seperti Lazada, Zalora dan lain sebagainya untuk menjadi seorang afiliasi marketing kamu harus memiliki akun pada layanan program tersebut dan ingat sebelum memilih program marketplace ataupun e-commerce pastikan kamu sudah paham betul mengenai peraturan yang berlaku pada setiap akhir afiliasi tersebut.

4. Contoh afiliasi marketing e-commerce yang ada saat ini

Setelah pembahasan cara mendaftar afiliasi marketing maka selanjutnya adalah contoh afiliasi marketing pada e-commerce Lazada, Zalora dan lain sebagainya. Pada situs tersebut menyedia afiliasi yang cukup memberikan komisi yang besar pada blogger. Berikut ini adalah contoh dari afiliasi e-commerce.

1. Lazada co id

Lazada adalah perintis dari e-commerce pada negara Indonesia dengan pertumbuhan pengguna tercepat dan menawarkan pengalaman berbelanja online yang cepat aman dan nyaman. Dengan produk-produk dalam kategori fashion, elektronik, sampai peralatan olahraga Lazada selalu berjuang untuk memberikan layanan kepada pelanggan terbaik termasuk dengan menawarkan beberapa metode pembayaran, gratis ongkir, layanan konsumen yang baik dan garansi komitmen sebagai situs belanja online terbaik di Indonesia bahkan dunia saat ini. Lazada selalu menyediakan deretan produk tidak terhitung jumlahnya yang selalu terupdate setiap waktu dan Lazada selalu memastikan bahwa kamu memperoleh tawaran terbaik lewat promo-promo yang ada.

Kamu juga dapat mengikuti program afiliasi dari e-commerce lazada.co.id dengan pembagian komisi rata-rata 2% sampai 10% dari penjualan komisi ini selalu dikirimkan maksimal setelah 21 hari pelanggan melakukan pembayaran.

2. Zalora co id

Berbeda dengan Lazada yang menjual seluruh produk mulai fashion, gadget, elektronik, alat rumah tangga dan lain sebagainya. Zalora adalah toko online yang ada di Indonesia sebagai pusat belanja fashion online terbesar, hal ini tentu dapat menjawab kebutuhan fashion baik fashion pria, fashion wanita, anak-anak. Dengan menawarkan brand-brand terkenal baik lokal ataupun internasional.

Zalora menyediakan produk-produk yang selalu mengikuti tren fashion terbaru yang memberikan banyak pilihan untuk menyempurnakan penampilan kamu. Berbagai model fashion terbaru seperti sepatu, pakaian dan lain sebagainya dapat kamu padukan untuk menemukan kesempurnaan penampilan kamu.

Zalora juga memberikan kemudahan bagi kamu dalam berbelanja dengan navigasi yang sederhana dan mudah untuk dipahami.

Kamu sebagai blogger dapat mendaftarkan diri sebagai affiliater dengan program aplikasi yang dimiliki Zalora dengan komisi sebesar 20% dari setiap transaksi untuk pelanggan baru dan Komisi 5% setiap transaksi apapun. Adapun validasi penjualan adalah 45 hari kalau pesanan diterima oleh Zalora.

Selain dua contoh diatas e-commerce yang menyediakan afiliasi dengan komisi besar, ada juga e-commerce lain yang tentunya tidak kalah besar komisinya untuk para blogger, untuk membaca lebih lanjut mengenai afiliasi e-commerce atau afiliasi lainnya kamu dapat mengunjungi situs idblogging.com di situs tersebut kamu dapat memperoleh informasi mengenai berbagai jenis afiliasi/affiliate seperti affiliate jaringan, ecommerce, web hosting, book store dan travelling.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu dalam memahami apa itu afiliasi atau affiliate secara umum dan terperinci.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *