Cara mengatur keuangan pada toko online
Cara mengatur keuangan pada toko online

Cara mengatur keuangan pada toko online

Posted on

Cara mengatur keuangan pada toko online – Anda adalah seorang pemilik toko online dan seringkali bermasalah pada proses pencatatan keuangan? Kepo dengan cara mengatur keuangan yang benar dalam online shop? Sebagai owner toko online, tentu saja Anda harus memiliki seseorang yang tepat pada bidangnya. Jangan sampai perputaran dana untuk bisnis Anda menjadi kacau.

Misalnya saja dana yang akan tergunakan untuk melakukan inverstasi pada sebuah produk jualan Anda, dana hasil pembelian para pembeli dan lain sebagainya. Dan ujung-ujungnya, Anda tidak tahu kemana dana pemasukan dari penjualan tersebut yang menyebabkan tidak ada dana untuk modal kembali. Jika sudah demikian, tentu saja keuntungan yang seharusnya sudah ada depan mata, seketika tidak tahu pergi kemananya.

Bahkan jarang juga beberapa pengeluaran yang kecil dapat mengganggu kegiatan penjualan online Anda. Tentu hal ini karena adanya manajemen keuangan yang tidak tepat mengenai pengelolaan keuangan. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu memahami bagaimana cara melakukan manajemen finansial yang tepat.

Cara mengatur keuangan pada toko online

Banyak hal yang menyebabkan terjadi kekacauan pada bisnis atau toko online Anda. Agar kondisi tersebut dapat berjalan lebih stabil dan aman, Anda dapat mencari tahu seberapa besar keuntungan yang harusnya peroleh pada bisnis tersebut, berikut ini adalah cara mengatur keuangan pada toko online.

Memanfaatkan aplikasi pendukung kegiatan keuangan

Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang dapat mempermudah Anda dalam memberikan banyak keuntungan yang berkali lipat. Salah satu aplikasi penguntung dalam proses penjualan toko online adalah aplikasi free fee dalam kegiatan transfer antar bank. Misalnya saja aplikasi flip. Selain itu, terdapat proses transfer uang yang mempermudah dan memberikan keamanan bagi penggunanya. Dengan demikian tentu saja konsumen atau calon pembeli tidak akan terasa terbebani dalam melakukan pembelian sebuah produk pada toko online Anda.

Melakukan investasi terhadap keuntungan

Perlu Anda ketahui sekarang ini, bahwa terdapat beberapa kesalahan yang fatal dan sering terjadi pada pelaku bisnis online atau pemula. Salah satunya ialah dengan tidak memanfaatkan secara maksimal dana atau pendapatan keuntungan yang peroleh. Misalnya saja adalah dengan mengendapkan dana terhadap rekening, membuka sebuah bisnis baru dalam bidang lain, atau dapat juga menggunakannya sebagai sesuatu yang memiliki nilai beli besar. Padahal dengan hal tersebut dalam membuat bisnis yang sedang tekuni menjadi tidak lancar.

Lebih baik jika Anda menjadikan dana keuntungan sebagai keperluan bisnis misalnya dalam sektor pengembangan.

Melakukan pencatatan keuangan harian

Adapun cara untuk mengelola keuangan dengan baik dan tepat yang selanjutnya adalah dengan melakukan pencatatan penjualan setiap harinya. Dengan maksud tidak hanya sekedar dari penjualan produk saja tetapi juga tentang potongan dana dari supplier produsen, diskon dari pengiriman, vocher belanja serta yang lainnya.

Dengan melakukan pencatatan secara mendetail tentang pemasukan, bermanfaat nantinya untuk dapat memperoleh tambahan pemasukan yang lebih besar lagi.

Misalnya saja adalah dengan melakukan potongan harga dari barang dengan jumlah tertentu. Dengan sebutan lain, Anda akan mendapatkan keungan yang lebih jika membeli dalam partai yang cukup besar. Tips dalam mengatur keuangan berupa melakukan pencatatan keuangan harian dapat menjadi bahan pertimbangan Anda selanjutnya.

Mencatat biaya variable

Selain mencatat biaya tetap, Anda juga perlu dalam memperhatikan pencatatan mengenai variable. Yaitu biaya variable sendiri adalah seluruh jenis pengeluaran dalam sebuah bisnis yang memiliki sifat tidak tetap, melainkan berubah-ubah.

Untuk pengeluaran ini dapat sesuai dengan pasar yang ada, kebutuhan toko online Anda, dan kegiatan bisnis lainnya. Misalnya dalam biaya variable adalah pengeluaran uang untuk membeli barang dari supplier, biaya internet, pemberian promo dan juga vocher, ongkos kirim barang dan sebagainya.

Anda juga dapat mempertimabangkan ketika bisnis yang sedang Anda miliki mempunyai reseller, pastikan Anda memberikan fee bonus untuk penjualan dalam sekala besar. Hal tersebut perlu tercatat dengan baik, dan tentunya dapat terinput dalam buku besar.

Mencatat biaya tetap

Mungkin saat ini Anda belum terlalu paham apa sih itu biaya tetap dalam sebuah toko online? Biaya tetap merupakan dana yang sudah pasti keluar dalam sebuah bisnis yang Anda miliki. Misalnya saja yang termasuk biaya tetap adalah biaya bulanan untuk gajih karyawan, biaya untuk langganan internet dan lain sebagainya. Hal ini sangat rekomendasi agar Anda dapat melakukan pencatatan atas pengeluaran biaya tetap ini.

Dapat memisahkan biaya pribadi dengan bisnis

Banyak antara pebisnis awam ataupun pemula, seringkali mencampuradukkan antara dana pribadi dan bisnis. Padahal manajemen toko online seperti ini tidak rekomendasi untuk kegiatan tersebut, lantaran Anda tidak dapat menghitung secara pasti bagaimana perputaran dana yang terjadi. Bahkan bisa jadi uang dari hasil bisnis yang ada malah pergunakan oleh keperluan pribadi Anda sehingga tidak heran jika Anda mengalami kebingungan dari dana yang masuk dan keluar.

Sebagai tips untuk mengatur keuangan tersebut dalam manajemen toko online maka rekomendasi agar memisahkan dalam bentuk rekening yang berbeda.

Membuat laporan finansial

Setiap perusahaan pasti memerlukan laporan finansial yang jelas dan tepat, termasuk misalnya adalah online shop. Segala kegiatan yang terkait perputaran dana dalam sebuah online shop maka harus Anda atau manajemen ketahui. Salah satu hal terpenting adalah membuat laporan finansial. Baik itu melalui metode keuangan aplikasi ponsel atau secara manual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *