3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise
3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise

3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Posted on

3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise – Jalan – jalan dekat pantai dan memotret sunrise dan sunset adalah aktivitas yang menyenangkan dan menggembirakan bagi banyak orang. Banyak kalangan yang sengaja mengunjungi baik itu liburan atau memang sengaja kepantai hanya untuk menikmati hal tertentu.

Salah satunya adalah menikmati pemandangan indah matahari terbit dan tenggelam. Hal ini tidak akan terlewatkan dengan mengabdikan diri dengan kamera favorit Anda.

Untuk memperoleh gambar atau hasil foto sunset yang indah, ada baiknya coba menggunakan Mirrorless atau DSLR, adapun persiapannya adalah lensa, kamera, tripod dan baterai cadangan untuk mengantisipasi.

Berikut ini tips cara memotret yang baik dan benar agar menghasilkan gambar yang menajubkan.

3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Tips pertama yang harus dilakukan ketika motret sunrise dan sunset ada baiknya melakukan observasi terlebih dahulu, mengenai waktu dan lokasi yang cocok.

Memotret pemandangan sunset dan sunrise tidak harus di pantai ataupun di puncak gunung tertinggi. Anda dapat memilih lokasi lain seperti di pinggiran kota agar menghasilkan foto yang unik dan jarak tempuh yang tidak terlalu jauh.

Setelah menentukan lokasi yang tepat, Anda harus melakukan observasi waktu yang cocok untuk memotret sunsite atau sunrise. Tentukan juga spot terbaik untuk menangkap momen tersebut dalam memotret, observasi banyak dilakukan oleh para fotografer yang profesional, fotografer profesional sering melakukan traveling untuk menemukan lokasi yang cocok, yang belum banyak orang ketahui sebelumnya.

Anda dapat menggunakan cara tersebut untuk mencoba memotret secara landscape matahari dengan menggunakan sudut pandang yang ekstrem. Jangan takut untuk melakukan eksperimen dengan hal-hal yang diluar memotret secara normal.

Hal yang harus diperhatikan ketika memotret sunset dan sunrise adalah penyetingan atau pengaturan kamera. Untuk anjuran dari penulis coba gunakan setingan kamera manual/bukan auto fokus. Karena jika menggunakan Auto fokus dikhawatirkan lensa atau kamera menolak fokus atau kesulitan dalam mencari fokus.

Pengaturan lain yang dapat di coba adalah lokasi. Untuk menghasilkan landscape sunrise dan sunset, Anda dapat melakukan pengaturan kamera dengan menggunakan shutter speed yang lambat (1/30), gunakan bukaan atau ISO yang rendah misalnya (100). Karena menggunakan speed yang cepat anda dapat menggunakan tripod agar kamera dan hasil tidak goyang.

Rekomendasi lensa wide

Tips yang selanjutnya adalah Anda dapat menggunakan lensa wide dalam memotret sunrise ataupun sunset. Gunakan feeling Anda ketika mengambil foto agar menghasilkan hasil yang memuaskan.

Banyak cara dalam memotret sunset dan sunrise yang dapat Anda lakukan. Carilah tempat yang menarik dan gunakan sudut pengambilan gambar yang unik, juga dapat memanfaatkan objek sekitar Anda.

Agar menambah keindahan foto yang dihasilkan. Anda juga dapat menggunakan teknik forground, seolah-olah Anda memotret dengan cara mengintai matahari akan terbit ataupun tenggelam, dalam hal ini sunset ataupun sunres.

Jangan takut untuk melakukan eksperimen untuk menambah koloeksi Anda, hal ini dapat menjadi kebanggan bagi seorang fotografer apalagi jika foto tersebut dapat diambil dengan penuh usaha dengan kerja keras.

Dengan mempelajari cara memotret sunset dan sunrise dapat membantu untuk menghasilkan foto yang bagus. Anda dapat mencoba keberuntungan dengan mengirimkan foto untuk perlombaan-perlombaan yang disediakan oleh event-event nasional, hadiah yang diperoleh juga tidak main-main. Anda dapat mendapatkan hadiah dengan total jutaan bahkan ratusan juta dengan memoto dan menghasilkan komposisi dan kriteria sesuai persyaratan lomba. Jangan lupa untuk menambahkan Watermark kepemilikan foto digambar Anda. Juga dapat menjual foto secara online untuk dijadikan iklan.

One thought on “3 Tips Memotret Sunset dan Sunrise

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *