10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula
10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula

10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula

Posted on

10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula – Laptop saat ini menjadi perangkat yang wajib di miliki bagi mahasiswa atau pemula. Dengan menggunakan laptop pekerjaan penting berupa input data dapat selesai dengan cepat, dan kapanpun itu.

Bagi Anda yang ingin membeli laptop baru sesuai dengan kebutuhan sekarang, bisa baca uraian berikut ini.

10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula

Terdapat beberapa tips penting sebelum Anda menentukan laptop yang akan Anda beli. Mulai dari desain, size, penyimpanan, grapich dan lain sebagainya. Simak selengkapnya dibawah ini.

1. Ukuran laptop

Hal yang harus menjadi pertimbangan Anda ketika membeli laptop bagi pemula adalah ukuran dari laptop itu sendiri. Pastikan ukuran laptop yang Anda inginkan sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Pada umumnya laptop yang beredar di pasaran indonesia memiliki ukuran inci 14, 15.6, sampai 17 inci ukuran besar. Semakin besar dari ukuran laptop atau layar dari laptop maka semakin berat juga massa laptopnya.

Jika Anda membutuhkan membutuhkan kemampuan yang besar atau kuat dalam segala hal, sebaiknya Anda mengambil untuk desain atau gaming dengan harga yang tentunya lebih mahal.

2. Processor

Kemampuan laptop akan dipengaruhi oleh processor yang ada di dalamnya. Processor di ibaratkan otak dari seluruh proses yang ada di laptop, yang mengatur dan mengerjakan berbagai perintah dari pengguna.

Umumnya laptop yang beredar saat ini menggunakan prosesor buatan dari intel atau AMD. Intel atau AMD adalah processor yang tidak perlu lagi diragukan kemampuannya sejak dulu laptop dengan processor AMD lebih murah dibandingkan Intel, boleh Anda reset sendiri.

Processor intel memiliki tipe terendah seperti Intel Pentium, sampai kelas tertinggi Core.

Untuk processor AMD seri tertinggi berada pada series AMD Ryzen. Pastikan Anda memilih processor yang sesuai dengan kebutuhan, kemampuan financial.

3. Kapasitas RAM

Selain harus memiliki processor yang memadai, RAM juga sangat perlu untuk dipertimbangkan kedepannya, karena sangat mempengaruhi kinerja dari laptop tersebut. Kapasitas umum yang ada saat ini berkisar DDR3 atau DDR4 mulai dari 4GB, sampai 64GB.

Sebaiknya Anda memilih laptop dengan RAM yang besar. Apalagi jika Anda adalah seorang desain grafis atau video editor, maka perlu yang namanya RAM besar.

Saat ini hampir setiap pembelian laptop sudah bersama OS Windows. Maka sesuaikan dengan kemampuan prosesor dan RAM ketika menggunakan laptop.

4. Storage laptop

Dalam laptop terdapat istilah storage atau penyimpanan, dalam laptop terdapat dua jenis storage yaitu SSD dan Hardisk. Saat ini kebanyakan laptop sudah menggunakan SSD Nvme. Penggunaan SSD lebih cepat dibandingkan Hardisk.

Beredar dipasaran khusus laptop yang menggunakan SSD tentu lebih mahal dibandingkan Hardisk. Karena SSD menawarkan micro chip seperti halnya flashdisk. Jadi bukan piringan seperti Hardisk.

Kembali lagi kepada tujuan Anda menggunakan laptop apa dengan penyimpanan banyak, maka diwajibkan menggunakan Hardisk. Namun jika Anda mencari kecepatan maka pilih SSD.

Alternatif lain yaitu Anda membeli laptop second atau baru dengan penyimpanan gabung berupa SSD Nvme dan Hardisk 1 TB.

5. Desain laptop

Tips yang berikutnya adalah pemilihan desain yang cocok. Apakah Anda seorang desain yang penting ketika pembelian laptop? Tentu saja sebagian orang tidak penting terhadap desain dari sebuah laptop. Hanya saja sekarang ini banyak orang yang memilih laptop dengan berat yang ringan dan tipis.

Ada juga orang yang memilih laptop dengan bukaan drajat sampai 90 drajat. Bahkan laptop dengan touchscreen dapat bukaan drajat sampai 180 drajat bisa seperti halnya tablet.

Apapun desain yang nanti akan Anda beli point terpenting adalah mengenai ketahanan di bagian engsel dan ke kokohan dari case laptop tersebut.

6. Daya tahan batre (Stand by)

Petimbangan daya tahan baterai menjadi point yang cukup penting jika Anda adalah orang yang baru memiliki laptop. Karena orang baru atau awam akan merasa kesal jika baterai laptop cepat habis berbeda dengan baterai handphone yang tahan lama.

Pada umumnya laptop dengan range harga 3 sampai 4 jutaan, memiliki daya tahan baterai cuma 2 jam saja. Namun untuk laptop business daya tahan baterai bisa sampai 16 jam tergantung jenis laptop yang digunakan biasanya laptop business seperti vivobook, ultrabook, acer swift memiliki tahan baterai lebih dari 8 jam.

Tips dalam merawat baterai laptop agar tidak mudah drop adalah pastikan Anda tidak melakukan pengisian secara terus menerus, dapat meredupkan layar jangan terlalu terang dan jangan melakukan charge baterai dibawah 20 persen atau sampai laptop dengan keadaan sampai mati.

7. LCD laptop

Banyak pemula yang tidak mengetahui jenis layar atau kualitas lcd yang digunakan pada laptopnya. Maka dari itu penting rasanya untuk mengetahui jenis LCD. Pelajari sudut pandang layar agar Anda tidak salah beli laptop.

Jika seorang desain grafis atau video editor Anda dapat memilih laptop dengan panel layar IPS karena mempunyai ketajaman akurasi warna yang tinggi, dan sudut pandang layar yang luas bisa dilihat berbagai arah. Jangan sampai Anda memilih laptop dengan jenis panel yang digunakan TN.

8. Konektivitas

Kebutuhan akan akses internet saat ini sangat lah penting, maka dari itu ketika Anda ingin membeli sebuah laptop maka tentukan sambungan koneksi yang mampu menangkap sinyal wifi yang jarak cukup jauh.

Selain Anda dapat memilih prot USB minimal 2 buah dengan kecepatan USB 3.0, port HDMI dan juga port thunderbolt. Semakin lengkap semua fitur dalam laptop yang dimiliki maka akan mempermudah kinerja atau aktivitas bagi Anda yang pemula.

Pada laptop business saat ini banyak sekali yang mengurangi jumlah konektivitas karena bertujuan untuk memperingan dan agar laptop semakin tipis dan simple untuk dibawa-bawa, dan sekarang kebanyakan laptop sudah di sajikan dengan fitur USB Type-C.

9. Keyboard laptop

Setiap laptop di susun untuk fungsi yang berbeda-beda, ada yang bertujuan untuk proses pengetikan menjadi cepat seperti laptop pada merk lenovo atau keyboard yang disusun untuk proses gaming seperti pada Asus ROG.

Pada dasarnya dipasaran sana laptop dengan ukuran 14 inci akan dibuat lebih simple dan enak untuk dipakai mengetik, berbeda dengan laptop 15.6 inci yang disusun untuk proses multitasking karena terdapat tombol angka pada sisi kanan.

10. VGA Card

Point yang terakhir adalah point yang sangat penting, karena kebutuhan Anda ketika membeli laptop hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik naskah, artikel dan lain sebagain tidak perlu laptop dengan VGA eksternal tambahan.

Namun berbeda dengan Anda yang bekerja di bidang video editing dan gaming maka perlu VGA eksternal seperti Nvidia dan AMD.

Kesimpulan

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli sebuah laptop, pastikan 10 Tips Membeli Laptop Baru Bagi Pemula diperhatikan dengan jelas dan baik. Selain itu sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *