10 Tanda Kehamilan Pada Wanita
10 Tanda Kehamilan Pada Wanita

10 Tanda Kehamilan Pada Wanita

Posted on

10 Tanda Kehamilan Pada Wanita – Setiap wanita mengalami gejala atau tanda-tanda kehamilan berbeda-beda. Ada yang merasakan tanda secara ekstrem, dan ada yang biasa saja. Biasanya ciri-ciri kehamilan sama seperti tanda ketika ingin menstruasi (haid), namun terdapat juga tanda-tanda kehamilan yang jarang ketahui.

Tanda kehamilan setiap wanita bervariasi. Biasanya wanita akan merasakan banyak gejala atau hanya beberapa saja. Misalnya dalam usia kandungan mulai minggu 1 sampai 4 tidak ada tanda-tanda kehamilan. Padahal masa awal kehamilan adalah momentum yang sangat penting.

Lantas apa saja tanda kehamilan yang harus diketahui wanita? Pada dasarnya tanda kehamilan berupa mual dan haid terlambat. Namun ada tanda kehamilan lain yang harus anda dan pasangan harus ketahui berikut ini.

10 Tanda Kehamilan Pada Wanita

Fase kehamilan adalah fase wanita akan menjadi ibu, pada fase ini terdapat momentum yang tidak boleh di lewatkan bagi calon ibu dan ayah karena tetap harus menjaga trimester pertama atau kedekatan ibu dan ayah.

1. Merasakan perubahan pada payudara

Ciri kehamilan yang utama adalah adanya perubahan pada payudara wanita. Perubahan tersebut terasa lebih sensitif, lebih padat dan kencang. Terdapat pula perubahan warna yang menonjol terhadap puting yakni menjadi lebih gelap dan pembuluh darah terlihat pada kulit.

2. Sering buang air kecil

Pada fase yang kedua adalah sering terjadi buang air kecil khususnya pada malam hari. Hal ini karena adanya perubahan hormon serta bertambahknya volume cairan yang terdapat pada tubuh. Pada tahap berikutnya, sering terjadi buang air kecil karenakan semakin membesarnya rahim yang menekan kantong kemih.

3. Mual dan muntah

Jika tanda kehamilan berikutnya adalah mual dan muntah, hal ini adalah ciri yang paling populer untuk menandakan kehamilan pada wanita. Biasanya terjadi ketika usia kehamilan masuk 6 minggu. Namun, terdapat juga yang merasakan ketika awal kehamilan dan akan hilang pada usia 12 hingga 16 minggu. Cara mengatasi agar tidak mual dan muntah dapat diatasi dengan sesering mungkin makan dengan porsi sedikit, jangan sampai perut sampai kosong.

4. Kram perut dan pendarahan ringan

Ketika proses kehamilan dimana sel telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi calon janin yang menempel pada rahim ibu. Pada proses ini yang menyebabkan adanya pendarahan ringan. Kondisi ini terjadi ketika usia 6 sampai 12 hari setelah berhubungan, pendarahan berupa bercak atau berwarna pink.

5. Kelelahan

Wanita yang hamil pada umumnya akan sering lelah, wanita merasa kelelahan atau mengantuk padahal tidak ada aktivitas berat. Hal ini terjadi karena adanya hormon progesteron dalam tubuh ibu yang mengalami peningkatan. Persiapan kehamilan ini juga membutuhkan banyak energi seperti pembentukan atau produksi sel darah yang lebih banyak. Biasa terjadi pada seminggu setelah pembuahan.

6. Mood tidak teratur

Suasana hati atau mood dipengaruhi oleh hormon. Misalnya kadar hormon progesteron dan estrogen akan mengalami peningkatan. Hasilnya wanita akan lebih mudah untuk emosi, cemas atau marah tidak seperti biasanya. Mood jelek ini juga disertai dengan ngidam, sakit pada kepala, punggung dan perut terasa sembelit.

7. Terlambat datang bulan (haid)

Setelah calon janin menempel pada rahim maka selanjutnya akan menghasilkan hormon chorionic gonadotropin. Hormon ini membantu dalam menjaga kehamilan dengan menghentikan terjadi menstruasi selama proses kehamilan.

8. Sensitif pada bau-bauan

Proses kehamilan membuat sejumlah perubahan pada hormon. Perubahan ini akan mempengaruhi indra penciuman yang lebih sensitif dari biasanya. Maka dari itu, ketika ibu hamil akan mencium atau aroma tertuntu yang dapat menenangkan diri seperti minyak angin.

9. Hilang nafsu makan

Bukan hanya mempengaruhi pada indra penciuman saja, namun juga pada peningkatan hormon yang menyebabkan hilangnya nafsu makan. Apa bila wanita sedang mengalami tidak nafsu makan, sebaiknya suami tetap memberi asupan istrnya makan agar tidak terasa mual yang berlebih seperti pada poin 3.

10. Pusing

Pusing ketika kehamilan adalah tanda umum yang pasti dirasakan setiap wanita hamil. Tetapi pusing sertai gejala atau tanda-tanda yang dibahas di atas. Pusing akan dirasakan ketika awal kehamilan sebabkan penyempitan pembuluh darah dan turunnya tekanan darah wanita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *